Lokakarya Jurnalistik LPDS - MCL di Taman Dayu

Posted in Berita LPDS


Kegiatan yang berlangsung pada 16 - 18 April tersebut melibatkan para pengajar senior LPDS, yakni Atmakusumah Astraatmadja yang membahas Kode Etik Jurnalistik, dan Dhimam Abror membahas Berita Faktual, Akurat dan Obyektif.

Sementara itu, TD Asmadi mengulas Laras Bahasa Jurnalistik, dan Priyambodo RH membahas Cyberjournalism, Menjadi Wartawan Multimedia Massa Profesional-Berwawasan-Beretika.

Dalam pembukaan acara tersebut, Deddy Afidick (External Relation Manager MCL) dan Vasta Choesin (Exploration PA Manager Exxon Mobil Oil Inc.) memberikan latar belakang informasi MCL dan kinerja Exxon Mobil dalam kegiatan eksplorasinya di Indonesia.

Para peserta pada hari pertama lokakarya disuguhi tontonan film "Balibo" mengenai kinerja enam wartawan dari Australia dan Selandia Baru yang tewas di tengah konflik bersenjata di Timor Portugis (kini Timor Leste) pada akhir 1975.

Di hari kedua mereka menonton film "All President's Men" yang menceritakan liputan investigatif wartawan Bob Woodward dan K. Bernstein yang beritanya memicu jatuhnya Presiden Amerika Serikat (AS), Nixon.

Atmakusumah Astraatmadja dan Priyambodo RH memandu diskusi usai para peserta lokakarya menonton film, terutama menyangkut kinerja dan keselamatan wartawan dalam peliputan. (*)