Pertamina-LPDS Gelar Lomba Karya Jurnalistik

Posted in Berita LPDS

Public Relations Manager PT Pertamina EP, Agus Amperianto, dalam siaran pers yang diterima di Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur, Minggu (17/6), mengatakan, Lomba karya tulis dan lomba karya foto itu merupakan kerja sama PT Pertamina EP bersama lembaga Pers Dr Sutomo Jakarta, bertema bebas, namun mengutamakan berbagai kegiatan Pertamina dari sudut pandang jurnalistik.

"Kategori karya jurnalistik yang meliputi News Topic, Indepth Reporting, Tajuk atau Editorial Media serta Foto Jurnalistik," kata Agus Amperianto.

Topik berita berupa karya jurnalistik berita dengan cakupan liputan mengenai industri hulu migas PT Pertamina EP. Kemudian Indepth Reporting, adalah karya jurnalistik yang prosesnya mengutamakan liputan berkedalaman disajikan dalam gaya feature/karangan khas.

Sedangkan Tajuk dan Editorial, berupa ulasan pemberitaan yang mencerminkan sikap, pendapat, dan arah pemberitaan media massa yang disajikan secara teks ataupun audio maupun audio visual, serta untuk lomba foto jurnalistik berupa karya jurnalistik foto.

Persyaratan peserta adalah terbuka bagi wartawan dan media massa yang melaksanakan tugas liputan di daerah operasi industri hulu migas PT Pertamina, mengandung unsur kritik yang membangun, mengandung permasalahan sekaligus pemecahannya.

Kemudian karya jurnalistik bersumber pada hasil liputan langsung atau kunjungan lapangan, dan menggunakan bahasa Indonesia yang memenuhi kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Karya tulis wajib dilampiri surat keterangan dari penanggung jawab redaksi media yang mempublikasikannya, yang sudah harus dipublikasikan melalui media massa peserta mulai tanggal 1-30 Juli 2012. Karya jurnalistik harus diterima panitia paling lambat 5 Agustus 2012.

Penjurian akan dilakukan dala dua tahap, yaituh tahap seleksi dan tahap penilaian oleh Dewan juri yang melibatkan wartawan senior, antara lain, Atmakusumah Astraatmadja (Lembaga Pers Dr.Sutomo (LPDS) Jakarta, Oscar Motuloh (juru foto senior LKBN ANTARA), Eni Nurhaeni (Reuters) dan Priyambodo RH dari LPDS yang juga wartawan senior LKBN ANTARA.

"Pengumuman pemenang akan dilakukan pada akhir Agustus 2012, dan karya foto akan menjadi materi pameran menyambut hari ulang tahun Pertamina EP bulan September 2012 mendatang," katanya.

Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah uang dan piagam. Yakni juara I setiap kategori akan mendapatkan hadiah uang sepuluh juta rupiah, juara II tujuh juta rupiah juara ketiga masing-masing lima juta rupiah.

Hanya saja untuk peserta lomba karya jurnalistikm empat kategori itu hanya boleh diikuti peserta lokakarya jurnalistik industri hulu migas yang dilaksanakan BP Migas, Pertamina EP serta LPDS di Jakarta, 12-14 Juni lalu. (*)

 

Sumber: kaltim.antaranews.com / Senin, 18 Juni 2012 04:47 WITA

http://kaltim.antaranews.com/berita/7570/pertamina-lpds-gelar-lomba-karya-jurnalistik