ClimateReporter

Lokakarya Lingkungan di Pintu Gerbang Indonesia Barat

Ditulis oleh Super User. Posted in ClimateReporter

Laporan Hairil Hiar, Kieraha.com, Ternate, 5 Juli 2018

Penulis adalah peserta lokakarya Meliput Perubahan Iklim (MPI) di Ternate Juli 2016 dan lokakarya Meliput Daerah Ketiga Angkatan Keempat (MDK IV) dengan tugas meliput dampak kebakaran gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, 24-28 Agustus 2016. Kedua lokakarya diselenggarakan Lembaga Pers Dr. Soetomo di Jakarta dan Kedutaan Norwegia. Tulisan di bawah ini telah dimuat di Kieraha.com dengan tambahan keterangan dalam ClimateReporter. Hairil berbagi pengalamannya mengikuti lokakarya keanekaragaman hayati di Medan.

Pertanian Organik dan Mitigasi Perubahan Iklim

Ditulis oleh Rindra Devita. Posted in ClimateReporter

Laporan Rindra Devita, Harian Bali Post, Denpasar
Penulis adalah peserta lokakarya Meliput Perubahan Iklim LPDS di Kuta Desember 2016. Karya ini dimuat di BaliPost.com 12 Jan 2017


Ilustrasi petani sedang menanam padi di sawah. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kipas angin berputar kencang, menebar udara segar di Sekretariat Walhi Bali, Rabu (11/1). Di dalam ruangan berukuran 3,5 x 3 meter, sudah ada Direktur Eksekutif Walhi Bali, Suriadi Darmoko dan Divisi Program Walhi Bali, Gilang Pratama. Walhi adalah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, sebuah organisasi advokasi besar lingkungan hidup.

Dua pemuda ini biasanya kerap terlihat dalam berbagai aksi tolak reklamasi Teluk Benoa. Mungkin tak ada yang menduga kalau mereka juga turun langsung menggugah kesadaran petani untuk kembali menekuni pertanian organik.

Yaki di Tangkoko, Primata Endemik yang Terancam Punah

Ditulis oleh Jeane Rondonuwu. Posted in ClimateReporter

Laporan Jeane Rondonuwu, Sulutdaily.com, Manado
Penulis adalah alumna lokakarya Meliput Perubahan Iklim LPDS dan kontributor ClimateReporter

Dimuat Sulutdaily.com November 29, 2016

Monyet Hitam, Primata Endemik yang Nyaris Punah
Populasi Monyet Hitam (Micaca nigra) atau sering disebut Yaki di Taman Nasional Tangkoko kini terancam punah. Ancaman terhadap kelangsungan hidup monyet dengan kepala berjambul ini terus berlangsung dan frekuensinya semakin meningkat. Untuk itu menggagas Perda tentang konservasi species langka menjadi terobosan regulasi lokal yang perlu dikakukan.


Yaki kecil in sendirian bermain tidak jauh dari kelompoknya

Seekor Yaki kecil terlihat sendirian bermain dekat pohon rindang tidak jauh dari kelompoknya. Matanya mulai terbelakak ketika memandang rombongan kami yang mulai mendekati lokasi tempatnya bermain. Rupanya si kecil Macaca nigra ini sudah familiar dengan manusia. Tak peduli dipotret dari jarak dekat, Yaki yang sering juga disebut monyet hitam tersebut tetap bermain  dan sadar bahwa ada yang sedang memperhatikannya.