Bambang Harymurti

Posted in Pengajar

Bambang Harymurti adalah Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Multimedia Adinegoro yang menaungi LPDS. Ia lahir di Jakarta, 10 Desember 1956, dan lulus dari Institut Teknologi Bandung tahun 1983. Kala itu, ia punya keinginan menjadi astronot. Bahkan sempat terpilih sebagai empat finalis calon astronot yang dikirim untuk menjalani seleksi akhir di Boston, Amerika Serikat. Namun, dunia jurnalistik akhirnya yang menjadi pilihannya.

Ketika masih bekerja di majalah Tempo, tahun 1990, ia mendapat beasiswa Fulbright untuk kuliah di Universitas Harvard, Amerika Serikat, dan berhasil meraih gelar MPA. Setelah itu, ia dipercaya sebagai Kepala Biro Tempo, di Washington DC. Ketika Tempo dibredel (1994), Bambang beralih bekerja di harian Media Indonesia.

Tahun 1998 majalah Tempo kembali terbit. Setahun kemudian Bambang ditunjuk sebagai Pemimpin Redaksi Tempo sampai tahun 2005. Kini ia menjabat Direktur Utama PT. Tempo Inti Media, badan hukum yang menerbitkan majalah Tempo, harian Koran Tempo,, mengelola website Tempo Interaktif, dan Pusat Data dan Analisa Tempo. Selain itu, ia adalah anggota Dewan Pers periode 2007-2010.

Penghargaan yang pernah diterimanya, antara lain, Vernon Award, Edward S. Masson Fellow dari Harvard University (1990), Excellence in Journalism dari Indonesian Observer Daily (1997), dan Knight International Press Award dari The International Center for Journalist (2005).*

E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.