Priyambodo RH

Posted in Pengajar

Priyambodo RH

Priyambodo  RH adalah Direktur Eksekutif di Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS http://www.lpds.or.id; http://reporter.lpds.or.id) –institusi di bawah Yayasan Pendidikan Multimedia Adinegoro (YPMA) yang didirikan Dewan Pers pada 23 Juli 1988– yang juga Ketua Bidang Multimedia Persatuan Wartawan Indonesia Pusat (PWI: http://www.pwi.or.id) pada 2008-2015, yang kesehariannya Wartawan Utama di ANTARA Multimedia Gateway – satu divisi di  Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN ANTARA, http://www.antaranews.com) sejak 1990.

Ia  menjadi Kepala LKBN ANTARA Biro Eropa berkedudukan di  Lisabon (Portugal), kemudian Brussels  (Belgia)  dalam periode 1998-2011, selepas sebagai Kepala Biro Kerja Sama Internasional merangkap Kepala Penelitian  dan Pengembangan di LKBN ANTARA (1996-1998), serta Wakil Pemimpin Redaksi Warta Bumi –jejaring informasi bersatelit dan buletin lingkungan hidup– LKBN ANTARA disponsori UNESCO-MacArthur Foundation.

Ia pengajar kelas workshops  di Galeri Foto Jurnalistik   ANTARA (GFJA); Lembaga Pendidikan  Jurnalistik ANTARA (LPJA) di Jakarta; dan pernah menjadi pengajar tamu di Universidade Independente (Uni) di Lisabon-Portugal; Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA); Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) atas undangan Ibu Chusnul Mar’yah PhD; Unit Sumber Daya Manusia Institut Teknologi Bandung (USDI ITB); serta hingga kini menjadi penguji tesis di London School Public Relations (LSPR). Ia juga pengajar Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) PWI sekaligus sekretaris umum di Yayasan  SJI PWI, dan nara sumber untuk Safari Jurnalistik PWI Pusat yang didukung Nestle Indonesia dan Astra Indonesia.

Selain itu, ia  juga pemicu pendapat untuk Kantor Berita Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB, http://www.itb.ac.id); dan pemicu pendapat untuk Radio Suara Surabaya Net (SS Net, http://www.suarasurabaya.net).

Ia adalah alumni International Institute of Journalism (IIJ) Berlin-Jerman (http://www.inwent.org/iij/index.php.en); Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan  Surabaya  (Stikosa-AWS,  http://stikosa-aws.ac.id/)  di   Jawa  Timur;  Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 54 Jakarta; Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20

Jakarta; Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Kp. Tengah di Jakarta.

Dewan Pers (http://www.dewanpers.or.id) memberinya predikat Wartawan Utama nomor 187-WU/DP/XI/2011 yang ditandatangani Prof. DR Bagir Manan SH MCL sebagai ketua tim pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan yang dijalaninya.

Komunitas pers nasional pada 2008 menunjuknya menjadi sekretaris tim  perumus Gran Desain Media Massa Nasional mendampingi Dahlan Iskan selaku ketua, dan Wina Armada Sukardi sebagai ketua pelaksana. Tim ini yang kemudian merumuskan Piagam Palembang 2010, yang mengatur ratifikasi perusahaan pers terhadap Standar Perusahaan Pers, Standar Perlindungan  Profesi Wartawan,  mematuhi   Kode Etik Jurnalistik  (KEJ), dan Standar Kompetensi Wartawan.

Ia juga terlibat dalam tim perumus Pedoman Hak Jawab, Standar Hak Jawab, Pedoman Pemberitaan Media Siber, dan Pedoman Penanganan Tindak Kekerasan Terhadap Wartawan di bawah koordinasi Dewan Pers.


Masyarakat Hari Pers Nasional (HPN) 2011 menunjuknya menjadi Ketua Panitia Pelaksana Pusat yang acara puncaknya dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9 Februari 2012.

Selain itu, ia menjadi anggota Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers 2010-2013 yang diketuai Karni Ilyas, dan selaku Ketua BPPA Dewan Pers 2013-2016.

Dalam dunia kepustakaan pers, Priyambodo RH melalui LPDS menerbitkan sejumlah buku, antara lain Panduan Jurnalistik Praktis (cetakan ketiga pada 2009, dan keempat pada 2012, dan kelima 2012), Panduan Praktis Kehumasan (cetakan ketiga, 2012), Merancang dan Menyunting di Jantung Media Pers (2009), Etika Pers, Bahasa Jurnalistik, dan Berita Pemilu (2009), Buku Saku Wartawan (cetakan pertama, kedua, dan ketiga pada 2010, serta cetakan keempat pada 2011), Etika Penyiaran, Bahasa Jurnalistik, dan Peran Pers dalam Diplomasi (2010), Pedoman Uji Kompetensi Wartawan (cetakan pertama pada 2011, dan cetakan kedua pada 2012), Meningkatkan Etika Jurnalistik, Enhancing Journalism Ethics (edisi dwi bahasa, Kedutaan Besar Kerajaan Norwegia di Jakarta, 2011), Panduan Hubungan Masyarakat, Gran Desain Kehumasan  (2011), Peta Media Massa Kalimantan  Timur (2011), Panduan Bahasa Jurnalistik dan Penulisan Geografi (2012), Covering of Climate Change (edisi dwi bahasa, LPDS -  Kedutaan Besar Kerajaan Norwegia di Jakarta, 2013), serta LPDS 25 Tahun: Mengabdi untuk Jurnalisme (2013), Covering of  Climate Change 2nd edition (edisi dwi bahasa, LPDS - Kedutaan Besar  Kerajaan Norwegia di Jakarta, 2014), Climate Reporter (LPDS - Kedutaan Besar Kerajaan Norwegia di Jakarta, 2015), Buku Saku Wartawan (revisi keenam, 2016).

Pada 9 Februari 2012 ia menerima Kartu Pers Nomor Satu (Press Card Number One/PCNO) dari Komunitas Hari Pers Nasional (HPN) yang terdiri atas Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Perusahaan perS (SPS), Serikat Grafika Pers (SGP), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan  Perusahaan  Periklanan  Indonesia  (P3I), Asosiasi  Televisi  Swasta   Indonesia (ATVSI), dan Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI).

Dalam kegiatan anugerah jurnalistik, ia menjadi Ketua Panitia Tetap Anugerah  Jurnalistik Adinegoro PWI. Ia juga juri lomba karya jurnalistik Siemens Indonesia-Asia Pasific Award, dan juri lomba Indovision-Deutche Welle (DW) Journalist Competition sejak 2011, serta juri lomba karya jurnalistik untuk Pelabuhan Indonesia (Pelindo/IPC) 2013.

Ia termasuk penyulih suara dalam film kartun "Madagascar 3: Europe Most Wanted" dalam sosok penguin Skipper. Hal ini atas undangan pihak Home Box Office (HBO) dan Indovision untuk tayangan film aksi ke dalam bahasa Indonesia, dan tayang perdana pada 8 Agustus 2013 menyambut Idul Fitri 1434 Hijriyah.

 

Pria kelahiran kota Bogor, Jawa Barat, pada 23 November 1966 ini adalah ayah dari tiga putri (Marchia  Kalyanitta,  Maytha  Indrayani  Kalyanitta,  Decira   Indrayani  Kalyanitta)  dari pernikahan dengan ATS Ernawati. Ia dapat dihubungi melalui surat elektronik: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dan Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya., serta alamat pos ke  Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) atau Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gedung Dewan Pers Lantai 3 – 4, Jakarta  10110;  serta ANTARA Multimedia Gateway di Wisma  ANTARA Lantai 19, Jalan Merdeka Selatan 17, Jakarta 10110. Telepon 021.345.9838, Faksimili 021.3840835. (*).