ICCTF Umumkan Pemenang Media Fellowship 2016: Bersama Jaga Suhu Bumi melalui Karya Jurnalistik Terbaik PDF Cetak E-mail
Jumat, 07 Oktober 2016 00:00

Share this post

 

JakartaIndonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) mengumumkan pemenang kompetisi jurnalistik ICCTF Media Fellowship 2016 di Jakarta, hari ini, 5 Oktober 2016. Pemenang yang telah dipilih para juri telah menghasilkan karya jurnalistik terbaik dari proposalnya, mengungguli empat tim pengusul proposal lainnya yang menerima pelatihan Media Fellowship 2016.

 

 

Melalui karya jurnalistik yang diliput dengan mendalam dan menarik, para juri telah memilih Vicharius Dian Jiwa Putra Pamungkasdan Subkhan Agung Sulistyo dari Ahloo.com dengan karyanya “Mama-Mama Pendekar Terang dari Timur Indonesia” sebagai pemenang ICCTF Media Fellowship 2016. Para juri pun memilih Vicharius untuk mendapatkan hadiah meliput United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) Conference of the Parties (COP) ke-22 di Maroko atas peran aktifnya dalam meliput ke lapangan.

UNFCCC COP merupakan forum penting bagi Indonesia dan dunia dalam meneruskan aksi penanganan perubahan iklim secara nasional dan global, terlebih setelah negara-negara dunia mencapai kesepakatan Paris Agreement dalam konferensi di Paris, Prancis, tahun lalu. Kesempatan meliput UNFCCC COP ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi jurnalis muda Indonesia untuk terlibat langsung mengkomunikasikan aksi perubahan iklim.

Bapak Erwin Widodo, Executive Director ICCTF, mengucapkan selamat kepada tim pemenang. “Selamat kepada pemenang ICCTF Media Award 2015 yang telah antusias meyebarkan informasi mengenai aksi perubahan iklim dalam karya jurnalistik. Semoga semangat para jurnalis muda untuk bersama menjaga bumi ini dapat terus terjaga,” katanya.

Selain itu, ICCTF juga mengucapkan selamat kepada empat tim penerima ICCTF Media Fellowship 2016 yang telah menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas dari proposal yang telah mereka ajukan. Mereka adalah Aries Munandar dari Media Indonesia(“Menjaga Hutan Manjau Tetap Berkelanjutan”); Syaipul Bakhori dari Tempo (“Agar Burung Terus Berkicau di Hutan Harapan”); Hendry Roris P. Sianturi dan Purnawan Setyo Adi dari GATRA (“Ban Semen Penangkal Abrasi”); serta Ramond Eka Putra Usman dariViva.co.id (“Menjinakkan Lahan Gambut”).

ICCTF Media Fellowship adalah kegiatan kompetisi jurnalistik untuk isu perubahan iklim yang diselenggarakan oleh ICCTF setiap tahun. Tujuan diadakan kompetisi ini yaitu untuk mendorong penyebarluasan informasi penanggulangan perubahan iklim serta meningkatkan partisipasi dan kualitas media dalam penyebaran informasinya.

Dalam Media Fellowship tahun ini, panitia menerima 63 proposal peliputan isu perubahan iklim dari 52 tim/individu. Dari jumlah tersebut, terseleksi lima pengusul proposal yang menerima biaya peliputan dari ICCTF dan pelatihan dari Lembaga Pers Dr. Soetomo untuk mewujudkan proposal mereka menjadi karya jurnalistik. Dari lima karya tersebut, para juri memilih pemenang berdasarkan kriteriakesesuaian tema, in-depth reporting, penggunaan data ilmiah, dan proses produksi berita. Para juri yang melakukan seleksi final yaitu Bapak Priyambodo R.H. (wartawan senior ANTARA), Bapak Untung Widyanto (wartawan senior Tempo), dan Bapak IGG Maha Adi (Pendiri Society of Indonesian Environmental Journalists).

-Selesai-


Artikel “Mama-Mama Mama-Mama Pendekar Terang dari Timur Indonesia” dapat dibaca di http://update.ahloo.com/2016/09/15/mama-mama-pendekar-terang/

 

Demikian kami sampaikan, semoga informasi ini dapat berguna. Terima kasih atas perhatian yang diberikan. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan untuk menghubungi kami.

Salam

 

Best Regards,

Adhi Fitri Dinastiar

Communication Officer

Wisma Bakrie 2, 20th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. B-2, Jakarta 12920-Indonesia

Phone: +62 (21) 57945760 ext 221 Fax: +62 (21) 57945759
adhis.dinastiar@icctf.or.id

http://www.icctf.or.id

LAST_UPDATED2