ClimateReporter
Tanya jawab MDK IV di BRG PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 24 September 2016 08:24

Jakarta, ClimateReporter - Dalam kunjungan LPDS ke Badan Restorasi Gambut 23 Agustus 2016, para peserta Lokakarya Meliput Daerah Ketiga Angkatan Keempat (MDK IV) mendapat penjelasan tentang program restorasi gambut. Menyusul kebakaran gambut besar-besaran di Sumatera dan Kalimantan 2015, BRG melakukan restorasi di tujuh provinsi: Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Restorasi gambut menuju kemanfaatan rakyat PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 24 September 2016 08:23

Jakarta, ClimateReporter - Badan Restorasi Gambut bekerja di tujuh provinsi karena di tujuh provinsi itu kerusakan gambut “cukup parah” dibanding provinsi lain.

 

Myrna Safitri, Deputi III Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG, menjelaskan ini kepada 10 peserta lokakarya Meliput Perubahan Iklim Lembaga Pers Dr Soetomo di kantor BRG di Jl Teuku Umar 10, Jakarta Pusat, 23 Agustus 2016.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
LPDS luncurkan buku baru perubahan iklim PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 24 September 2016 08:20

Jarkarta, ClimateReporter - Priyambodo RH, Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr Soetomo, membagi-bagi buku terbitan baru LPDS di kantor Badan Restorasi Gambut di Jalan Teuku Umar 10, Jakarta Pusat, 23 Agustus 2016.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Garda depan dituntut ketrampilan PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 24 September 2016 08:16

Jakarta, ClimateReporter - Wartawan adalah pasukan garda depan dalam menyelamatkan gambut di Indonesia. Bambang Harymurti, Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Pendidikan MultimediaAdinegoro, induk Lembaga Pers Dr Soetomo, mengatakan ini pada pembukaan lokakarya wartawan meliput perubahan iklim di kantor Badan Restorasi Gambut 23 Agustus 2016.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Gambut terbakar di Barat hingga menunggu “kiamat” di Timur PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 24 September 2016 08:12

 

Jakarta, ClimateReporter - Pemadaman lahan gambut terbakar dekat bandar udara di Riau.  Aren menjadi pohon multifungsi di Tomohon.  Manokwari menghadapi risiko cuaca ekstrim 2020

Ini merupakan tiga dari 10 laporan lapangan terkait  perubahan iklim liputan di lokasi yang belum dikenal wartawan dari berbagai daerah.

 

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
BRG sambut wartawan dalam meliput iklim PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 24 September 2016 08:07

Jakarta, ClimateReporter - Restorasi gambut tak gampang dilakukan. Para pemangku kepentingan enggan melakukannya.

Hartono Prawiratmadja, sekretaris Badan Restorasi Gambut, menyatakan ini dalam sambutan menerima 10 wartawan peserta lokakarya Meliput Perubahan Iklim di kantor BRG di Gedung Sekretariat Negara, Jalan Teuku Umar 10, Menteng, Jakarta Pusat, 23 Agustus 2016

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Jarak Ombak dan Rumah Warga Ternate Makin Dekat PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Hairil Hiar (MDK-4)   
Kamis, 11 Agustus 2016 00:00

 

Laporan Hairil Hiar, Liputan6.com, Ternate, 11 Agustus 2016


Penulis adalah peserta Lokakarya Wartawan Meliput Perubahan Iklim, Hotel Bela International, Kota Ternate, Maluku Utara, 26-27 Juli 2016. Lokakarya diselenggarakan Lembaga Pers Dr Soetomo dan Kedutaan Norwegia

ClimateReporter, Kota Ternate - Pemanasan global melelehkan es di kutub utara dan selatan. Es mencair menyebabkan permukaan laut naik.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Perubahan Iklim, Sang Pemusnah Massal PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Jeane Rondonuwu   
Sabtu, 04 Juni 2016 16:21

Laporan Jeane Rondonuwu, Sulutdaily.com, 31 Mei 2016

Penulis adalah peserta Lokakarya Wartawan Meliput Perubahan Iklim, Hotel Novotel, Manado,

26-27 April 2016. Lokakarya diselenggarakan Lembaga Pers Dr Soetomo dan Kedutaan Norwegia.

KOTA Tomohon tak lagi sejuk. Penambangan liar dan penebangan hutan telah merusak kelestarian hutan serta keindahan kota yang dihuni oleh 87.719 jiwa ini. Kota dataran tinggi Tomohon, 30 km ke arah selatan dari Manado, dikenal sebagai ladang sayur mayur  dan tanaman bunga, bak Lembang di Jawa Barat.


ClimateReporter, Manado - ''Dulu Kota Tomohon dikenal karena sejuknya tapi sekarang tidak lagi dan semuanya itu tinggal kenangan,'' kata Martina Langi, dosen  kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi di Manado.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
"Empap pap pap", Segeralah Menjauh PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Yani Basaroni   
Sabtu, 04 Juni 2016 16:15

Oleh Yani Basaroni, Koran Babel, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, peserta kunjungan kawasan LPDS ke Kalimantan Tengah, Februari 2016

"Empap pap pap," kata wanita bule berparas cantik bernama Jenn Brousseau asal Amerika.

“Jangan coba mendekat, jika mendengar suara seperti itu di dalam hutan Borneo sebutan lain dari pulau Kalimantan. Sebaiknya masyarakat menghindar dari lokasi sekitar munculnya suara itu, atau mencari tempat berlindung,” kata sarjana biologi Universitas Boston dan S2 Universitas Kent dalam konservasi monyet. Jenn di Kalimantan Tengah untuk meneliti primata.

Temuan ini diketahui setelah Jenn beradaptasi di Laboratorium Alam Hutan Gambut (LAHG), Kereng Bangkirai-Sebangau, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

 

“Empap pap pap, merupakan suara orangutan yang merasa terusik atas keberadaan manusia di sekitarnya,”ujar Jenn.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Gorontalo: Danau Limboto dan Mitigasi 9 Persen PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Jumat, 15 April 2016 07:30

Kota Gorontalo - Indonesia berusaha menurunkan emisi gas rumah kaca, terutama karbon dioksida, sampai 26 persen pada 2020 dan mencapai 29 persen pada 2030. Mekanisme MRV berfungsi untuk mengukur penurunan karbon itu.

Tim ahli dengan diketuai Direktur Inventarisasi GRK dan MRV mengukur penurunan dalam empat sektor: energi dan transportasi, kehutanan dan pertanian, limbah, dan industri.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Nol Kebakaran Hutan 2017, Munginkah? PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Warief Djajanto Basorie   
Kamis, 03 Maret 2016 14:57

Palangka Raya, ClimateReporter - Gagasan “nol kebakaran hutan” kembali mencuat pada lokakarya internasional tentang pencegahan kebakaran lahan gambut dan rehabilitasi hutan yang berlangsung di gedung Bappeda Kalteng 25—26 Februari 2016.

 

Keinginan tersebut dilontarkan oleh Presiden Jokowi agar keadaan nol kebakaran hutan sudah direalisasikan 2017.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
Bor Sumur, Sekat Kanal PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Warief Djajanto Basorie   
Kamis, 03 Maret 2016 14:17

· B   Baca tulisan terkait: Nol Kebakaran Hutan 2017, Munginkah?

Catatan: Warief Djajanto Basorie berada di KalimantanTengah 14—18 Januari 2016 dan kembali di provinsi ini 19—25 Februari 2016 untuk Lokakarya LPDS dan Kunjungan Kawasan Wartawan Meliput Perubahan Iklim dengan perhatian ke restorasi gambut. Ia juga menjadi peserta Lokakarya Internasional tentang Pencegahan Kebakaran Lahan Gambut dan Rehabilitasi Hutan 25 Februari 2016. Lokakarya kedua ini diselenggarakan antara lain oleh Universitas Palangka Raya dengan bantuan Dana Pengembangan Teknologi dan Penelitian Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup Jepang.

 

Palangka Raya, ClimateReporter - Heri Paskah harus mengungsikan istri dan anak lelaki usia 2 tahun ke Banjarmasin. Saat itu Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, dicekik kabut asap.

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL