LPDS-UNESCO Gelar Lokakarya Meliput Perubahan Iklim

Jakarta (Berita LPDS) – Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) atas dukungan UNESCO Jakarta akan menggelar Lokakarya bertema “Meliput Perubahan Iklim” di Palembang, Sumatera Selatan, pada 7 Agustus 2010, dan di Jambi, 9 Agustus 2010. Sedangkan Pekanbaru, Riau, akan menjadi tempat ketiga pelaksanaan Lokakarya pada September nanti.

Tujuan lokakarya ini untuk meningkatkan pengetahuan wartawan dalam meliput isu-isu perubahan iklim, khususnya terkait kerusahan hutan. Peserta lokakarya adalah wartawan media cetak dan elektronik setempat.

Indonesia dan Norwegia pada 26 Mei 2010 telah menandatangani surat pernyataan niat (letter of intent) untuk melindungi hutan Indonesia. Tersedia dana hibah US$1 milyar untuk melaksanakan program yang diberi nama REDD Plus (Reduction of Emissions from Deforestation and Forest Degradation). Ini adalah program penanggulangan pemanasan global dengan upaya mengurangi emisi gas karbon dioksida akibat pengrusakan dan penyusutan luas hutan.

Lokakarya LPDS-UNESCO ini sejalan dengan Program  REDD Plus yang antara lain juga dilaksanakan di Sumatera Selatan, Riau, dan Jambi.

Published in Berita LPDS