TvOne Rajai Tiga Progam Pemilu Legislatif

Posted in Berita LPDS


Hal itu disampaikan Deputi Direktur Yayasan Sains dan Estetika (SET), Agus Sudibyo, di Gedung Universitas Tarumanegara, Jalan Letjen S Parman No 1, Grogol, Jakarta Utara, Selasa 23 Juni 2009.

Metode penelitian menggunakan peer review assessment. Caranya menjaring penilaian 220 kalangan terpelajar terhadap program-program televisi secara umum dan penilaian kualitas program-program televisi berating tinggi.

"Responden terdiri atas tamatan SMA (9,9 persen), mahasiswa (14,6 persen), Diploma (3,8 persen), S1 (51,9 persen), dan S2 (19,8 persen)," kata Agus Sudibyo. Penelitian ini berdasarkan penelitian Yayasan Sains dan Estetika (SET), Yayasan Tifa, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Khusus untuk acara Pemilu Legislatif dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, stasiun televisi yang paling baik kualitasnya dalam memberitakan Pemilu Legislatif 2009. Kedua, kategori program berita yang paling baik kualitasnya dalam memberitakan Pemilu Legislatif. Dan terakhir, kategori program khusus pemilu yang paling baik kualitasnya dalam memberitakan Pemilu.

Berikut rincian per kategori:
Stasiun televisi yang paling baik kualitasnya dalam memberitakan Pemilu Legislatif 2009
1. TvOne, 50,5 persen
2. Metro Tv, 22,2 persen
3. SCTV, 5,7 persen
4. RCTI, 2,8 persen
5. Transtv, 0,9 persen
6. sisanya, 17,9 persen

Program berita yang paling baik kualitasnya dalam memberitakan Pemilu Legislatif
1. Kabar Petang, TvOne, 15,1 persen
2. Kabar Malam, TvOne, 10,8 persen
3. Metro Hari Ini, Metro Tv, 9,0 persen
4. Kabar Pagi, TvOne, 6,1 persen
5. Liputan6 Petang, SCTV, 4,2 persen
6. Seputar Indonesia, SCTV, 2,4 persen

Program khusus Pemilu yang paling baik kualitasnya dalam memberitakan Pemilu
1. Kabar Pemilu, TvOne, 10,4 persen
2. Debat Partai, TvOne, 9,9 persen
3. Election Update, Metro Tv, 8,5 persen
4. Apa Kabar Indonesia Malam, TvOne, 5,7 persen
5. Uji Kandidat, TvOne, 3,8 persen
6. Interview Politik, TvOne, 3,3 persen
7. The Candidate, Metro Tv, 2,8 persen
8. Debat Kandidat, Metro Tv, 2,8 persen
9. Jelang Pemilu Indonesia, TvOne, 2,8 persen
10. Save Our Nation, Metro Tv, 1,9 persen
(Ismoko Widjaya, Aries Setiawan)

Sumber: www.vivanews.com / 23 Juni 2009