60 Persen Berita Indonesia di Malaysia Negatif

Posted in Berita LPDS


"Berdasarkan kliping koran selama 12 bulan atau sepanjang 2008, ada 1.499 berita. Sebanyak 60 persen merupakan berita negatif dan 40 persen merupakan berita positif," kata juru bicara KBRI Kuala Lumpur, Eka A Suripto, Selasa.

Peta dan analisis berita itu dilakukan dari enam koran yakni New Straits Times (Inggris), Harian Metro (Melayu), Utusan Melayu (Melayu), Berita Harian (Melayu), The Star (Inggris), dan Kosmo (Melayu).

Pengertian positif itu, lanjut Eka, ialah berita yang bersifat promosi, misalkan kerjasama kedua negara, seminar, promosi wisata, perundingan antar pemerintah, konser musik Indonesia, pemutaran film Indonesia, pertandingan olah raga dan lain sebagainya.

Sementara pengertian negatif ialah penangkapan PATI (pekerja tanpa ijin), TKI yang dituduh melarikan gadis Malaysia, kejahatan yang dilakukan atau diduga dilakukan oleh WNI atau TKI, berita korupsi di dalam negeri yang dimuat di koran-koran Malaysia.

"Kami hanya melakukan kliping dan analisis media massa cetak berbahasa Melayu dan Inggris. Kami tidak melakukan kliping dan analisis berita di media massa berbahasa Cina dan Tamil," katanya. (*) (Sumber: www.antara.co.id: Senin, 27 Januari 2009)