MCL – LPDS Helat Lokakarya Jurnalistik Migas

bojonegorokab.go.id – Lamongan – Sekitar 30 juranilis dari tiga kabupaten wilayah Blok Cepu mengikuti Lokakarya Jurnalistik Tentang Migas yang dilaksanakan Mobil Cepu Limitid (MCL) bekerjasama dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) di Tanjung Kodok Resorts, Sabtu (8/9/2012).

Rexy Mawardijaya, Field Public and Goverment Affairs MCL mengatakan, pelatihan ini untuk membantu meningkatkan kompetensi para jurnalis khususnya di wilayah kerja MCL yang meliputi Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Jatim serta Blora Jateng.

 

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan semakin meningkatkan hubungan MCL dengan juranilis yang sudah terjalin dengan baik,” ujar Rexy.

Priyambodo RH, perwakilan LPDS menegaskan, dalam pelatihan ini ada beberapa materi yang diberikan. Di antaranya kegiatan industri hulu migas dalam konteks pembangunan yang disampaikan Wibowo MS. Selain itu, juga tentang kasus-kasus riil karya jurnalistik yang disampaikan Atmakusumah Astraatmadja.

“Sedang saya akan memberikan meteri tentang analisa isi dan pemetaan karya jurnalistik mengenai tata kelola energi, termasuk pemanfaatan migas berbasis database online,” sambung Priyambodo.

Pada bagian lain Elviera Putri, Deputy Development Manager MCL lebih menekankan pada project Banyuurip. Dia jelaskan, proyek pengembangan penuh lapangan minyak Banyuurip, Blok Cepu sebesar 165 ribu barel per hari (bph) ini dibagi menjadi lima paket.

Lima paket proyek itu, lanjut dia, sekarang ini tengah berlangsung. Yakni pembangunan central processing facilites (CPF), pipanisasi darat sebesar 20 inci sepanjang 72 kilo meter (KM) dari lapangan banyuurip di Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro sampai bibir pantai Palang Tuban, pipa lepas pantai 23 KM hingga menaratambat, tanki raksasa terapung ditengah laut, dan infrastruktur.

” Proyek ini berpusat di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban dan ditarget selesai 36 bulan,” terang putri Minang ini.

Ditambahkan, produksi awal 165 ribu bph ini akan berlangsung pada Agustus 2014. “Produksi ini akan meningkat secara bertahap sampai puncak 165 ribu bph,” pungkasnya. (dwi/kominfo)

Sumber: http://bojonegorokab.go.id/berita/mcl-lpds-helat-lokakarya-jurnalistik-migas.html

 

 

Published in Kliping Berita