LPDS Gelar UKW di Makassar, Ternate, dan Manokwari

Makassar – Bertempat di Hotel Swiss Bell Hotel, Makassar, pada 26 dan 27 Juli 2022 Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan Sulawesi Selatan. Uji Kompetensi ini merupakan gabungan dari lembaga uji LPDS, Aji, dan lembaga Uji UPN, Yogyakarta.

Lestantya R Baskoro (berdiri)

Untuk LPDS sendiri peserta terdiri dari jenjang muda madya total  18 orang yang terbagi atas 12 orang jenjang muda dan sisanya jenjang madya.  Ada pun penguji yang dihadirkan,  Lestantya R. Baskoro, Lahyanto Nadhi, dan Jufri Alkatiri. Untuk mata uji jumpa pers, LPDS menghadirkan Kepala Dinas Kominfo Provins Sulawesi Selatan, Amson Padolo.  Acara UKW Makassar dibuka oleh anggota Dewan Pers Ninik Rahayu yang saat itu juga tengah melakukan verifikasi faktual perusahaan pers di Sulawesi Selatan.

Jufri Alkatiri (kiri) mendampingi Amson Padolo, Kepala Dinas Kominfo Sulsel.

Pada saat bersamaan, LPDS juga melakukan UKW untuk wartawan Provinsi Maluku Utara di Ternate. UKW di Ternate merupakan gabungan antara LPDS, PWI, dan LSPR (The London School of Public Relation ), Jumlah peserta yang diuji LPDS 18 orang namun satu tidak hadir.  Untuk UKW di Ternate ini para penguji LPDS terdiri dari  Ahmad Djauhar, Sri Mustika, dan A.A. Ariwibowo.

Sri Mustika (tengah)

Sekitar sepekan kemudian, pada  4 dan 5 Agustus LPDS kembali ikut menguji wartawan di  Manokwari. Dari jumlah 18 wartawan yang terdaftar, enam berhalangan dan dari jumlah itu yang dinyatakan kompeten 16 orang. Para penguji dari LPDS adalah Priyambodo, R.H, Elik Susanto, Kennorton Hutasoit, dan Zaenal Aripin.

 

Published in Berita LPDS