Sambut Hari Pers, LPDS Gelar Seminar Literasi Media dan UKW di Medan

Medan – LPDS bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (STIKP) Medan menggelar Seminar Literasi Media dan UKW untuk menyambut Hari Pers Nasional. Literasi Media dilakukan pada 2 Februari 2023 di kampus STIKP dan diikuti sekitar 116 peserta dari kalangan wartawan, pengusaha media, dosen, dan mahasiswa dari sejumlah universitas di Medan. Sekitar 75 peserta lain hadir melalui Zoom.

Acara Literasi Media mengangkat tema “Cerdas Bermedia Sosial Langgam Pers untuk Bangsa Berkualitas”. Seminar Literasi Media  menghadirkan pembicara dari LPDS yakni Direktur Eksekutif LPDS Hendrayana dan pengajar LPDS Maria Dian Andriana, Priyambodo RH serta Maskur Abdullah. Ketua STIKP, Dr Sakhyan Asmara M. SP juga ikut memberikan materi.

Kiri ke kanan: Priyambodo, Maskur Abdulla, Sakhyan Asmara, Hendrayana, Maria

 

Sakhyan Asmara M. SP menyatakan saat ini medsos juga sudah menjadi solusi dalam proses pembelajaran jarak jauh yang tidak terbatas pada ruang kelas, jarak, dan waktu.  “Medsos juga dapat digunakan mahasiswa untuk meningkatkan motivasi dan mengaplikasikan teori-teori yang dipelajari di bangku kuliah tentang teknologi informasi” ujar Sakhyan Asmara yang membawa materi “Pemanfaatan Media Sosial dalam Kegiatan Belajar di Perguruan Tinggi.”

Direktur Eksekutif LPDS Hendrayana membawakan materi tentang Media Sosial dan Ranjau Hukum UU ITE. “Kita harus harus berhati-hati dalam memberikan sebuah opini, narasi atau konten di medsos. Karena banyak sekali kasus-kasus bermunculan yang dinilai mencemarkan nama baik atau mengandung SARA” ujar Hendrayana.  Pengajar LPDS Priyambodo RH membawakan topik Informasi Media Sosial & Cerdas Pemilu 2024, Maskur Abdullah membawakan topik Memanfaatkan Medsos untuk Branding dan Meningkatkan Portofolio, serta Maria D Andriana membawakan topik Menyoroti Pemberitaan Media yang Cenderung Menerapkan Clickbait.

Katarina Siburian Hardono, baju biru, bersama pengajar LPDS dan pengajar STIK Pembangunan Medan

Ada pun  UKW dilaksanakan pada 3 – 4 Februari 2023 di Kampus STIKP. Peserta UKW berjumlah 33 orang dari jenjang Muda, Madya dan Utama. Peserta UKW terdiri dari wartawan media cetak, elektronik (televisi) dan siber. Penguji dari LPDS yang hadir dalam UKW ini, A.A Ariwibowo, Maria D Andriana, Sri Mustika, Priyambodo RH, LR Baskoro, Lahyanto Nadie, Maskur Abdullah, dan Kennorton Hutasoit. Dari 33 peserta UKW, 29 orang dinyatakan kompeten. Hadir sebagai narasumber dalam acara UKW,  Katarina Siburian Hardono, Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt.[]

Published in Berita LPDS