Lomba Karya Momentum Jurnalisme Berhadiah Total Rp.88 juta

PT Pertamina EP (PEP) bersama Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) mengundang wartawan dan media massa yang melaksanakan tugas liputan di daerah operasi industri hulu migas PT Pertamina EP untuk mengikuti Lomba Karya Momentum Jurnalisme.

Lomba Karya Momentum Jurnalisme ini bertema bebas dengan mengutamakan berbagai kegiatan berkaitan dengan PT Pertamina EP (PEP) dari sudut pandang jurnalistik.

PT Pertamina EP adalah perusahaan yang mengelola kegiatan usaha di sektor hulu bidang minyak dan gas bumi, meliputi eksplorasi dan eksploitasi. Saat ini tingkat produksi Pertamina EP berhasil menembus 130 ribu barel minyak per hari dan gas lebih dari 1 miliar kaki kubik per hari.

PT Pertamina EP mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dan pemegang saham untuk mengelola wilayah kerja seluas ± 138.611 km2 berdasarkan kontrak minyak dan gas bumi Pertamina dengan BPMIGAS pada tanggal 17 September 2005 untuk wilayah kerja Pertamina EP melalui suatu pola pengoperasian sendiri (own operation) dan beberapa kerja sama kemitraan yakni Technical Assistant Contract (TAC) dan Kerja Sama Operasi (KSO).

Wilayah kerja Perusahaan terbagi ke dalam 3 Region – Sumatera, Jawa dan Kawasan Timur Indonesia. Kegiatan operasi ketiga Region tersebut terbagi dalam sejumlah area operasi meliputi Lapangan Rantau, Lapangan Pangkalan Susu, Lapangan Prabumulih & Lapangan Pendopo di Region Sumatera; Lapangan Subang, Lapangan Jatibarang, Lapangan Tambun, & Lapangan Cepu di Region Jawa; serta Lapangan Sangatta, Lapangan Bunyu & Lapangan Papua di Region Kawasan Timur Indonesia. Ditambah juga dengan 7 Unit Bisnis Eksplorasi & Produksi (UBEP) yakni UBEP Jambi, UBEP Lirik, UBEP Limau, UBEP Ramba, UBEP ADERA (Abab, Dewa Raja), UBEP Tanjung, dan UBEP Sangasanga & Tarakan. Selain itu Perusahaan juga mengelola proyek-proyek seperti unitisasi pengembangan gas di Suban (Sumatera Selatan), Proyek Pengembangan Blok Gundih (Jawa), Proyek Pengembangan Blok Matindok (Sulawesi Tengah), dan Proyek Pengembangan Gas Pondok Makmur.

Memasuki tahun keenam, Perusahaan tumbuh dan berkembang sebagai entitas bisnis yang memiliki peran kepanjangan tangan strategis dari induk perusahaannya. Pertumbuhan ini memperkuat posisi Perusahaan sebagai value creator penyumbang sekitar 80% laba PT Pertamina (PERSERO). Perusahaan senantiasa berupaya mempertahankan posisi utamanya serta meningkatkan kemampuan dan keandalan dalam bidang eksplorasi dan produksi secara optimal dan efisien.

Lomba ini meliputi lima kategori karya jurnalistik, meliputi:

  1. News Topic, berupa karya jurnalistik berita dengan cakupan liputan mengenai industri hulu migas PT Pertamina EP yang dipublikasikan melalui media cetak, siaran (radio dan televisi), dan media siber.
  2. Indepth Reporting, karya jurnalistik yang prosesnya mengutamakan liputan berkedalaman disajikan dalam gaya features/karangan khas.
  3. Foto Jurnalistik, berupa karya jurnalistik foto.
  4. Tajuk atau Editorial Media, berupa ulasan pemberitaan yang mencerminkan sikap, pendapat, dan arah pemberitaan media massa yang disajikan secara teks ataupun audio maupun audio visual.

Persyaratan lomba

  1. Lomba ini terbuka bagi wartawan dan media massa yang melaksanakan tugas liputan di daerah operasi industri hulu migas PT Pertamina EP.
  2. Karya jurnalistik harus asli, bukan terjemahan maupun saduran karya orang lain, jiplakan atau plagiat (karya orang lain).
  3. Karya jurnalistik mengandung unsur kritik yang membangun, atau dengan kata lain mengandung permasalahan dan sekaligus pemecahannya.
  4. Karya jurnalistik bersumber pada hasil liputan langsung atau kunjungan lapangan.
  5. Untuk karya jurnalistik teks (tulis) yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang memenuhi kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Karya tulis wajib dilampiri surat keterangan dari penanggung jawab redaksi media yang mempublikasikannya.
  7. Karya jurnalistik harus sudah dipublikasikan melalui media massa peserta lomba dengan masa publikasi mulai 1 Januari hingga 30 Juli 2012.
  8. Setiap peserta lomba dapat mengikutsertakan karya jurnalistiknya lebih dari satu.
  9. Peserta tidak dipungut biaya apapun.
  10. Karya jurnalistik dalam format teks, foto, audio dan audio visual (termasuk format digital) dikirimkan kepada: Panitia Lomba Karya Momentum Jurnalistik Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Gedung Dewan Pers Lantai 3 Jalan Kebon Sirih No. 34 Jakarta 10110. Telp. (021) 3459838, 3840835; Faks. (021) 3840835; email: jurnalistik@lpds.or.id.
  11. Karya jurnalistik yang dikirimkan harus dilengkapi kliping sebagai bukti publikasinya atau mengirimkan dokumen dalam cakram dijital (CD/DVD-ROM).
  12. Karya jurnalistik harus diterima Panitia paling lambat pada 5 Agustus 2012.

Hadiah

Pemenang Lomba Karya Momentum Jurnalistik memperoleh sertifikat, plakat dan uang senilai total Rp88.000.000,-.

a. Kategori Tajuk
Juara 1: Rp 10.000.000
Juara 2: Rp 7.000.000
Juara 3: Rp 5.000.000

b. Kategori Features Indepth Reporting
Juara 1: Rp 10.000.000
Juara 2: Rp 7.000.000
Juara 3: Rp 5.000.000

c. Kategori News Topic
Juara 1: Rp 10.000.000
Juara 2: Rp 7.000.000
Juara 3: Rp 5.000.000

d. Kategori Momentum Jurnalisme
Juara 1: Rp 10.000.000
Juara 2: Rp 7.000.000
Juara 3: Rp 5.000.000

*Pajak hadiah 25% menjadi tanggungan pemenang.

Penjurian

Penjurian akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap seleksi dan tahap penilian oleh Dewan Juri yang melibatkan wartawan senior, antara lain Atmakusumah Astraatmadja (LPDS), Oscar Motuloh (Kantor Berita Foto ANTARA), Eni Nurhaeni (Reuters), dan Priyambodo RH (LPDS, ANTARA Multimedia).

Pengumuman Pemenang dan Publikasi

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada akhir Agustus 2012, dan karya foto akan menjadi materi pameran menyambut hari ulang tahun Pertamina EP.

Ketentuan Lain

  1. Naskah yang masuk ke panitia tidak dikembalikan.
  2. Panitia tidak membuka korespondensi dengan peserta lomba.
  3. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

–,,–


Published in Berita LPDS