pelatihan untuk calon penguji kompetensi wartawan

LPDS Gelar Pelatihan Calon Penguji Kompetensi Wartawan

pelatihan untuk calon penguji kompetensi wartawanJakarta (Berita LPDS) – Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menggelar Pelatihan untuk Calon Penguji Kompetensi Wartawan selama dua hari di Jakarta (25-26/10). Pelatihan yang didukung Yayasan TIFA ini diikuti 26 peserta dari kalangan praktisi pers, organisasi wartawan, dan akademisi dari sejumlah daerah, antara lain, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Timur, Banten, dan Jakarta.

Anggota Dewan Pers, Wina Armada Sukardi, menjadi pembicara pertama. Ia menyampaikan materi tentang tujuan dan perumusan Standar Kompetensi Wartawan (SKW). Sesi berikutnya yang membahas uji kompetensi wartawan menghadirkan tiga penguji kompetensi wartawan dari LPDS, yaitu Petrus Suryadi, Maria D. Andriana, dan Warief Djajanto Basorie. Sedangkan Direktur Eksekutif LPDS, Priyambodo RH, menjadi fasilitator.

Pelatihan ini ditargetkan dapat melahirkan para penguji kompetensi wartawan dan fasilitator penyelenggaraan uji kompetensi wartawan di Indonesia. Peserta juga akan direkrut menjadi penguji kegiatan uji kompetensi yang digelar LPDS.

Selama dua hari peserta antara lain mempelajari sejarah penyusunan dan isi Standar Kompetensi Wartawan; substansi dan prosedur uji kompetensi wartawan; dokumen-dokumen uji kompetensi wartawan; praktik pembuatan materi uji kompetensi wartawan; dan melakukan simulasi pelaksanaan uji kompetensi wartawan.

LPDS telah dua kali menggelar pelatihan untuk calon penguji kompetensi wartawan. Pelatihan pertama digelar pada Januari 2011. Setelah pelatihan ini, LPDS akan menyelenggarakan uji kompetensi wartawan di empat kota yaitu Ambon, Balikpapan, Palembang, dan Yogyakarta.(red)

Published in Berita LPDS