Pelatihan Jurnalistik ASEAN untuk Wartawan Muda

Jakarta (Berita LPDS) – The International Institute for Journalism (IIJ) dari Capacity Building International Germany (InWEnt) membuka kesempatan kepada wartawan muda untuk mengikuti dua pelatihan Reporting on Regional Integration on South East Asia – History, Institutions and Policies of ASEAN. Kedua pelatihan tersebut akan digelar di Jakarta pada 6 hingga 17 April 2009 dan 4 hingga 15 Mei 2009.

Pelatihan yang juga didukung Sekretariat ASEAN ini, menurut IIJ, bertujuan meningkatkan kapasitas wartawan muda di wilayah ASEAN. Karena itu, salah satu syarat untuk dapat mengikutinya harus berusia di bawah 36 tahun dan memiliki pengalaman profesional sebagai wartawan sekurang-kurangnya empat tahun.

Selain dari Indonesia, peserta lainnya berasal dari Singapura, Malaysia, Myanmar, Philipina, dan Brunei Darussalam. Seluruhnya berjumlah 15 orang yang bekerja di media cetak maupun online.

Selama pelatihan, penyelenggara akan menyediakan penginapan, makan atau uang makan, serta biaya transportasi. Di samping itu, peserta akan mendapat sertifikat pada akhir pelatihan. Bagi wartawan muda yang berminat, terutama untuk meliput permasalahan ASEAN, dapat menyerahkan berkas pendaftaran sampai 17 Februari 2009 di kantor Kedutaan Jerman, Jakarta. Pada saat penyerahan berkas akan dilakukan pengecekan kelengkapan berkas serta tes kemampuan bahasa Inggris.

Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat menghubungi Luki Hermanto, Bagian Pers & Kebudayaan Kedutaan Jerman di Jakarta, telepon 021- 39855121, e-mail: pr-11@jaka.diplo.de. Informasi selengkapnya juga dapat diperoleh di www.jakarta.diplo.de dan www.inwent.org/iij.*

Published in Berita LPDS