Bersama PT Vale, LPDS Gelar UKW untuk Wartawan Luwu

LUWU TIMUR – Selama tiga hari, Senin sampai Rabu (15-17 Mei 2023) bersama PT Vale Indonesia Tbk, Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan di Kantor PT Vale di Sowowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Kiri-Kanan: Agung Dharmajaya, Kristanto Hartadi, Bayu Aji

Peserta UKW, sebanyak 19 orang, terdiri dari para wartawan yang sehari-hari bertugas di Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, dan Palopo. Menurut  Bayu Aji, Head of Communications PT Vale Indonesia Tbk, UKW kali ini merupakan   rangkaian UKW  pada tiga provinsi wilayah PT Vale beroperasi. Di Sorowako ini kali ke tiga setelah sebelumnya digelar di Kendari dan Makassar. Para penguji LPDS terdiri dari Kristanto Hartadi yang juga direktur eksekutif LPDS, Lestantya R. Baskoro, AA. Ariwibowo, Jufri Alkatiri, dan Lahyanto Nadie.

Dalam sambutannya. Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Agung Dharmajaya meyatakan UKW  penting untuk meningkatkan profesionalisme wartawan. Ada pun  Bayu Aji mengatakan, PT Vale berkomitmen mendukung  para wartawan mendapat sertifikasi kompetensi, khususnya para wartawan yang ada  di Sulsel, Sultra dan Sulteng, tempat PT Vale beroperasi.

Suasana UKW

UKW kali ini juga diisi dua talkshow. Hari pertama, Senin,   “Urgensi Jurnalisme dan Kode Etik Jurnalistik dalam Perspektif Pertambangan Berkelanjutan,” yang dibawakan  Bayu Aji dan  Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya. Ada pun hari kedua tampil Chief Operating Officer (COO) PT Vale Abu Ashar dan  Kapolres Luwu Timur AKBP Silvester MM Simamora. Abu Ashar memaparkan kontribusi socio-economic PT Vale untuk keberlanjutan dan Silvester Simamora memaparkan perihal bahaya berita hoaks. ( sab)

Published in Berita LPDS