28 Wartawan Maluku Lolos Uji Kompetensi

Ambon (www.siwalimanews.com) Sebanyak 28 wartawan Maluku lolos Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Lembaga Pers Dokter Soetomo (LPDS) dan Dewan Pers bekerjasama dengan Yayasan Tifa yang berlangsung di Hotel Aston, Rabu (11/4) – Jumat (13/4).

Direktur LPDS Priyambodo RH saat menutup UKW tersebut, Jumat (13/4), mengatakan, pelaksanaan UKW meru­pakan wujud dari penerapan Standar Kompetensi Wartawan (SKW).

“Wartawan yang lolos kompetensi ini terdiri dari jenjang wartawan muda, madya dan utama. Mereka berhasil me­raih nilai rata-rata diatas 70 dari masing-masing unit penilaian,” katanya.

Priyambodo menjelaskan, materi UKW untuk jenjang wartawan muda (reporter) meliputi kemampuan meren­canakan liputan dan menulis berita, kemampuan wawancara dan menyusun daftar pertanyaan, kemampuan wawan­cara tatap muka dan mencegat nara­sumber.

“Mereka juga diuji kemampuan menyunting berita sendiri, menyiapkan isi rubrik berita dan menyampaikan usulan liputan dalam rapat redaksi serta kemampuan menyusun jejaring nara­sumber yang dimiliki,” jelasnya.

Sementara jenjang wartawan mad­ya untuk level redaktur pelaksana, redaktur, koordinator liputan dan asisten redaktur akan diuji kemam­puan mengidentifikasi berita, koor­dinasi liputan dan perencanaan liputan dan narasumber. Kemam­puan menganalisa bahan liputan terjadwal, merencanakan berita investigasi dan menulis berita feature serta menyunting berita saat uji kompetensi.

“Tak hanya itu, mereka juga di­minta merancang isi rubrik berita, serta mengevaluasi hasil liputan saat rapat redaksi serta memelihara je­jaring narasumber,” katanya.

Khusus jenjang wartawan utama (pemimpin redaksi/wakil pemimpin redaksi), menurutnya, uji kompe­tensi akan difokuskan pada kemam­puan mengevaluasi perencanaan berita, menentukan liputan layak dan tidak layak, mengarahkan berita investigasi serta mampu menulis editorial. “Kebijakan rubrikasi dan me­mimpin rapat redaksi serta fasilitas jejaring juga menjadi bagian yang akan diuji,” ungkapnya.

Priyambodo juga menegaskan, hasil dari UKW tersebut membuat kompe­tensi wartawan di Ambon sama dengan daerah lain di Indonesia.

Tim penguji dalam UKW tersebut, yaitu Petrus Suryadi, Warief Dja­janto Basorie dan Priyambodo RH (LPDS) dan Maria D Andriana (Manager Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA/LPJA).

Pernyataan Bersama

Saat penutupan tersebut, alumni UKW I juga membuat pernyataan bersama yang mendorong digelar­nya ujian serupa untuk wartawan lainnya di Maluku di waktu men­datang.

Pernyataan bersama tersebut, yaitu Kami, peserta atau alumni Uji Kompetensi Wartawan Pertama di Provinsi Maluku yang diselengga­rakan oleh Lembaga Pers Dr. Soe­tomo dan Dewan Pers bekerjasama dengan Yayasan Tifa tanggal 11-13 April 2012 di Ambon  menyatakan penghargaan yang setinggi-tinggi­nya kepada pihak LPDS dan Dewan Pers, Yayasan Tifa yang telah me­mungkinkan kami ikut uji kompetensi  wartawan sebagai pelaksanaan ama­nat Piagam Palembang 2010 tentang penerapan Standar Kompetensi Wartawan. Dengan  keikutsertaan kami dalam UKW ke I di Maluku ini membuktikan kami telah melak­sanakan Piagam Palembang.

Karena UKW merupakan amanat Piagam Palembang pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Palembang  2010, maka kami alumni UKW Maluku I menganggap perlu bagi diadakannya UKW ke II dalam waktu dekat ini untuk memberi ke­sempatan pada semua wartawan Maluku mengikuti UKW. Atas dasar itulah kami,  alumni UKW Maluku ke I  yang diselenggarakan oleh LPDS akan meminta LPDS dapat bekerjasama dengan alumni UKW Maluku ke I menyelenggarakan UKW Maluku ke II.

Kami menganggap bahwa gaga­san atau rencana penyelenggaraan UKW Maluku ke II perlu segera diadakan untuk memberikan ke­sempatan bagi semua insan warta­wan Maluku mengkuti UKW. Karena itu kami para alumni UKW Maluku ke I dengan bantuan LPDS akan se­gera melakukan persiapan-persiapan  teknis bagi penyelenggaraan UKW Maluku ke II. Dengan ini kami semua peserta UKW Maluku ke I di Ambon mendeklarasikan adanya Alum­ni Angkatan I UKW Wartawan Malu­ku yang akan tetap mendorong ada­nya UKW ke-II, ke-III dan selan­jutnya di Provinsi Maluku. (S-12)

Sumber: www.siwalimanews.com / Saturday, 14 April 2012

http://www.siwalimanews.com/post/28_wartawan_maluku_lolos_uji_kompetensi_1

 

 

Published in Berita LPDS